menangis

Menangis? Untuk apa?

Menangis adalah sebuah kejadian manusiawi dan wajar dalam kehidupan seorang manusia. Menangis biasanya disebabkan oleh faktor emosional yang disebabkan peristiwa sedih, marah, kecewa bahkan bahagia.
Menangis merupakan cara alami tubuh untuk mengatasi perasaan sedih tertekan maupun ketakutan. Menangis tak hanya memberikan perasaan lega saja, tapi ada beberapa manfaat menangis lainnya untuk kesehatan seperti berikut ini :

Sebagai Detox alami

William Frey (ahli biologi kimia) melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa ternyata air mata yang keluar saat menangis karena emosional mengandung racun dan dengan menangis artinya air mata telah membawa racun dalam tubuh keluar bersama aliran airmata tersebut.

Menyehatkan Mata

Mata kita harus dijaga agar tetap lembab, dan air mata berfungsi sebagai pelembab dan anti bakteri bagi mata. Air mata mengandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90 – 95 % bakteri-bakteri yang disebabkan oleh terlalu lama menatap gadged maupun komputer dalam waktu 5 menit. Karena mampu melembabkan mata maka menangis menurunkan resiko pandangan yang kabur dan mampu meningkatkan kemampuan visual kita. Tak perlu obat tetes mata lagi kaan 😉

Menghilangkan Stress dan Tekanan

Menangis dapat mengurangi beban psikis yang ada dalam diri manusia karena air mata mengandung 98% air yang didalamnya terdapat hormon stress. Ketika Anda menangis dan mengeluarkan air mata, maka Anda telah melepaskan sejumlah stress keluar dari tubuh Anda, Airmata mengandung zat endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.

Meningkatkan Mood

Menangis menurunkan level depresi dan memperbaiki mood. Air mata yang dihasilkan dari menangis karena emosi mengandung 24 % protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

Menyehatkan Hidung

Sinusitis (radang sinus) adalah salah satu penyakit yang menyerang saluran pernafasan, dimana terganggunya proses pertukaran udara pada hidung yang disebabkan oleh pengaturan kelembaban pada hidung tidak berfungsi dengan semestinya. Penderita sinusitis akan mengalami sakit kepala, perubahan warna lendir menjadi kuning kehijauan, rasa nyeri pada wajah yang bahkan bisa mengakibatkan wajah membengkak. Menangis merupakan salah satu cara untuk mengobati tekanan yang disebabkan oleh sinusitis.

Melepaskan Beban Pikiran

Ketika menangis tubuh mengeluarkan zat endorfin atau hormon bahagia yang membantu tubuh dan pikiran menstabilkan mood, pikiran dan emosi. sehingga ketika menangis kita memberikan kesempatan pada tubuh untuk menstabilkan emosi dan menjadi lebih baik lagi. Selain mengeluarkan racun, menangis memberikan manfaat psikologis pada tubuh sehingga menjadi lebih tegar ketika menghadapi situasi yang menyulitkan.

Menangis tak berarti cengeng, tak peduli pria ataupun wanita sah saja bila menangis karena itu memang cara alami tubuh melindungi diri dari tekanan. Tapi tentu saja terlalu banyak menangis tak baik, bisa saja itu adalah pertanda depresi. Bukankah segala sesuatu yang berlebihan itu tak baik, setuju kan? 😉

Bisnis Ibu Rumah Tangga di www.ida-oktivira.com
spacer

Leave a reply